fbpx

7 Hal yang Dilakukan Pasca Banjir

AFOR > Pest Control  > 7 Hal yang Dilakukan Pasca Banjir

7 Hal yang Dilakukan Pasca Banjir

Musim hujan belum mencapai puncaknya, namun berita tentang banjir menghiasi televisi beberapa minggu terakhir. Tidak hanya di wilayah Jabodetabek saja yang tergenang air,namun juga wilayah yang memiliki area serapan air yang banyak seperti di Lebak dan Sulawesi Selatan.

Kondisi pasca banjir pun menjadi sebuah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para korban banjir. Mulai dari bersih-bersih rumah dari air dan lumpur, mencuci barang-barang yang terkena banjir, juga menata kembali barang-barang. Nah, simak beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan pasca banjir yang terjadi.

Doc. Ist

Segera bersihkan rumah dan barang-barang

Setelah banjir surut dan kondisi dipastikan aman, segera cuci barang-barang anda. Jangan biarkan berlama-lama karena justru itu akan membuat kondisinya menjadi lapuk dan cepat rusak.

 

Gunakan selalu alas kaki

Gunakan selalu alas kaki karena lumpur dan air bekas banjir masih menyisakan kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

 

Matikan aliran listrik

Dengan sifat air yang baik sebagai penghantar arus listrik, anda harus sangat waspada dengan hal ini, baik itu pra banjir sampai pasca banjir. Tetap jaga aliran listrik anda. Colokan yang basah ataupun masih lembab dapat menimbulkan terjadinya kebakaran ataupun kecelakaan lainnya.

Jangan gunakan air genangan banjir untuk membersihkan barang

Air bekas banjir sudah pasti mengandung berbagai bakteri dan kuman. Gunakanlah air bersih dan mengalir untuk membersihkan rumah dan barang-barang anda agar memang benar-benar bersih.

 

Bersihkan saluran air

Tetap lakukan pencegahan agar tidak terjadi banjir part 2 atau part 3. Bersihkan saluran air dari lumpur, sampah, ataupun kerikil karena hal itu dapat menyebabkan tersumbatnya aliran air. Bukan tidak mungkin hujan dengan intensitas besar akan datang kembali dan menyebabkan saluran air tersebut segera penuh dan lagi-lagi meluap.

 

Waspada dengan hama

Hewan-hewan seperti tikus, ular, kecoak biasanya akan mengungsi dari habitat mereka ke tempat yang lebih kering. Seperti foto yang tersebar di media sosial, dimana kumpulan kecoak berkerumun di pagar rumah salah satu warga. Saat membersihkan rumah dan barang-barang anda dari bekas banjir, waspadai hama ini karena juga membawa bibit penyakit.

 

Doc. Ist

Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Untuk pembersihan paripurna, anda bisa melakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini untuk memastikan agar hama seperti tikus, ular, kecoak, nyamuk dan lalat yang ternyata tersesat ke rumah anda, dapat segera dikendalikan sebelum berkembang biak dan mengembangkan habitatnya di sekitar lingkungan anda. Anda dapat menyerahkan hal tersebut ke Jasa Pengendali Hama AFOR.

 

Itu dia tips dan trik pasca banjir. Hal di atas dapat meminimalisir dampak negatif yang terjadi pasca banjir melanda. Banjir bisa terjadi dimana saja dan kapan saja di musim hujan. Semoga ke depannya tiap pihak dapat menjaga dan tak perlu ada banjir lagi di antara kita.

 

 

 

 

AFOR Pest Control Anti Rayap
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat